
Sosialisasi Audit Keuangan dan Survey Kepuasan Pengguna
Pada hari kamis, 2 Juni 2022 telah berlangsung kegiatan Sosialiasi Audit Keuangan Internal dan Survey Kepuasan Pengguna di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) yang diadakan oleh bagian Lembaga Jaminan Mutu UMKT secara daring. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Hari Prasetyo, Ph.D Ketua Lembaga Jaminan Mutu UMKT beliau menyampaikan bahwa pentingnya pengendalian pembiayaan di universitas agar lebih maksimal hasil yang didapat dan pentingnya kepuasan dari seluruh pemandu kepentingan yang menjadi pengukur sejauh mana kita mampu memenuhi ekspektasi dari mereka.
Kegiatan Sosialisai Audit Keuangan membahas terkait dua hal yaitu Satuan Pengawas Internal dan Instrumen Audit Mutu Keuangan yang disampaikan oleh Bapak Sunarso, S.E., M.M dan Bapak Praja Hadi Saputra, SE., M.Sc. Satuan Pengawas Internal (SPI) merupakan unit kerja yang bertugas melakukan pengendalian dalam bidang keuangan di universitas. Kedudukan SPI bidang keuangan ini diatur sesuai dengan kewenanan Rektor UMKT dan pertanggungjawaban SPI sendiri berada langsung dibawah pimpinan universitas atau Rektor. Dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab, dan fungsi kerja sehari-hari, SPI berada dibawah arahan dan pengawasan Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Lembaga Jaminan Mutu UMKT.
Adapun kegiatan Sosialisasi Survey Kepuasan Pengguna disampaikan oleh Ibu Yulia Tri Kusumawati, S.E., M.Sc dan Bapak Rahmadani Herlambang. Terdapat tiga urgensi dari Sistem Survey Kepuasan Pengguna sendiri yaitu Evaluasi layanan unit kerja dari umpan balik pengguna, kebutuhan akreditasi 9 kriteria, dan pelaporan hasil tracer study setiap tahun ke dikti. Terdapat juga tiga fitur utama dari Sistem Survey Kepuasan Pengguna yaitu Tracer Alumni, Tracer Pengguna Lulusan dan Survey Kepuasan Layanan Unit Kerja di UMKT. Survey kepuasan pengguna ini diharapkan dapat membantu setiap unit dalam melakukan evaluasi dan perbaikan layanan.