Pertukaran Mahasiswa Merdeka UMKT Kenalkan Tari Dayak Kenyah Kalimantan di Semarang

Posted on Oct. 31, 2022, 9:09 a.m. by Humas UMKT
Pertukaran Mahasiswa Merdeka UMKT Kenalkan Tari Dayak Kenyah Kalimantan di Semarang

umkt.ac.id, Semarang – Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) salah satu diantaranya ialah Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang mulai diadakan pada tahun 2021 merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa dalam negeri yang diadakan selama kurang lebih 1 (satu) semester. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur berhasil mengirimkan 14 mahasiswa untuk inbound di Universitas Muhammadiyah Semarang.

Pada Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 2 ini, berbagai macam kegiatan mengenai kebhinekaan menjadi salah satu pokok pada kegiatan pertukaran mahasiswa dalam negeri, khususnya kegiatan “Kenali Asalku” dan melalui kegiatan ini mahasiswa UMKT diberikan kesempatan untuk menampilkan kembali tarian khas Kalimantan Timur pada acara wisuda ke 38 Universitas Muhammadiyah Semarang yang dihadiri sekitar kurang lebih 3500 orang dan dibagi dalam 2 sesi.

Dalam penampilannya, UMKT membawakan tarian yang bernama “Metun Lesung” yang memiliki filosofi  bahwa dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dayak kenyah mengartikan bahwa lesung merupakan alat sederhana dalam mengolah hasil pertanian dan juga sebagai kesehateraan, kemakmuran, dan bentuk kerjasama atas gotong royong. Dan mengajarkan bahwa sekalipun menggunakan alat yang sederhana kita tetap dapat menjalani hidup.

Pada kesempatan ini pula, mahasiswa UMKT berhasil mengenalkan kebudayaan Kalimantan Timur khususnya suku Dayak Kenyah kepada masyarakat serta mahasiswa yang berada di Universitas Muhammadiyah Semarang

Harapannya dari penampilan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur ini dapat mengenalkan kebudayaan daerah Kalimantan Timur dan mempererat hubungan antara Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dan Universitas Muhammadiyah Semarang.

Berita terkait