Psychology Goes to Village

Posted on Feb. 21, 2024, 4:07 p.m. by Fakultas Psikologi
Psychology Goes to Village

Pengabdian Masyarakat merupakan suatu kegiatan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membantu masyarakat atau sekelompok masyarakat tertentu dengan melakukan pemberdayaan tanpa mengharapkan imbalan tertentu. Bentuk pengabdian Masyarakat juga variatif, salah satu yang diterapkan oleh Mahasiswa BEM FAPSI adalah kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar desa bersama masyarakat. Hal itu kami lakukan juga sebagai bukti kepada Masyarakat bahwa mahasiswa juga bisa memberikan bantuan dan juga manfaat bagi Masyarakat serta memberikan kesempatan kepada kami para mahasiswa untuk belajar dan bekerja bersama- sama dengan Masyarakat. Kegiatan kerja bakti ini kami mulai dari pagi hari, berkumpul dihalaman rumah Kepala Desa. Setelah berbagi tugas, kami dan masyarakat bersama-sama membersihkan jalanan pedesaan. Meskipun saat itu matahari pagi sedang sangat terik, namun kami tetap semangat melakukan bersih-bersih.

Selain melakukan kegiatan kerja bakti bersama masyarakat, kami, mahasiswa BEM FAPSI juga mengadakan acara bermain bersama dengan anak-anak dari Masyarakat desa tersebut. Dengan mengajak anak-anak bermain bersama, secara tidak langsung juga mengajarkan dan mengenalkan kembali permainan menyenangkan yang bisa mereka lakukan tidak hanya melalui gadget saja. Mengingat anak-anak sekarang sudah banyak yang kecanduan bermain game online dan lebih sering menghabiskan waktu menatap layar dibandingkan bermain keluar dan bergerak aktif. Oleh karena itu, kami mengajak mereka untuk bermain bersama-sama. Permainan yang dilakukan kepada anak- anak ini dapat melatih kerja sama, konsentrasi, dan juga kekompakan. Selama permainan, anak-anak sangat menikmati dan bersenang-senang. Ada yang sangat ambisius untuk memenangkan permainan demi mendapatkan hadiah, ada yang sangat aktif sehingga menjadi penghibur bagi teman-temannya yang lain, dan bermacam-macam reaksi lainnya.

Selain melakukan pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk kerja bakti, BEM FAPSI juga melakukan sosialisasi ke Sekolah Menengah Atas yang terdapat pada desa tersebut yaitu SMAN 01 Anggana. Sosialisasi tersebut mengusung tema “LULUS SMA MAU KEMANA” dengan sasaran siswa dan siswi kelas 12. Karena pada masa lulus SMA sering kali remaja merasakan kebingungan entah itu memilih jurusan, melanjutkan pendidikan perkuliah atau tidak atau bahkan memilih untuk melanjutkan untuk bekerja. Maka dari itu kami memilih tema tersebut karena cocok untuk siswa-siswi kelas 12 yang merasakan kebingungan setelah lulus SMA mau kemana.

Dan juga agar suasana sosialisasi lebih menyenangkan kami men-selingkan beberapa ice breaking seperti tebak gambar dan tebak kata sehingga para siswa dan siswi merasakan excited untuk mendapatkan beberapa doorprize.

 

Berita terkait