Prodi Magister Manajemen UMKT Gelar Pelatihan bagi UMKM dan Bumdes Loa Duri Ulu Lewat Pengabdian Masyarakat

Posted on March 30, 2022, 11:33 a.m. by Magister Manajemen
Prodi Magister Manajemen UMKT Gelar Pelatihan bagi UMKM dan Bumdes Loa Duri Ulu Lewat Pengabdian Masyarakat

Pada tanggal 18 Maret 2022 S2 Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) menggelar pengabdian masyarakat bagi Bumdes dan UMKM yang bertema “Pengembangan Kewirausahaan, Akutansi dan Perpajakan Berbasis IT bagi Bumdes dan UMKM di Desa Loa Duri Ulu”. Acara tersebut dilakasanakan di Aula Desa Loa Duri Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jalan Perjuangan.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Ketua tim pengabdian masyarakat Prodi Magister Manajemen UMKT, Ialah Doktor Fenty Fauziyah, beserta anggotanya Arbiansyah, Bun Yamin serta seluruh mahasiswa magister Manajemen kampus UMKT. Dan dihadiri oleh masyarakat Desa Loa Duri Ulu, seperti ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pelaku UMKM, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Permata, mahasiswa Magister Manajemen UMKT dan pegawai di lingkungan Desa Loa Duri Ulu.

Tujuan diadakannya Acara ini untuk memberikan edukasi tentang pelaporan keuangan dari hasil usahanya, menjual produk kemudian dari hasil itu pasti membayar pajak. Edukasi tersebut dibuat secara  inovatif dan kreatif terutama memasarkan dan menjual produknya melalui marketplace atau platform media sosial lainnya.

Lewat kegiatan ini, para pelaku UMKM dan Bumdes Permata Desa Loa Duri Ulu diharapkan dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih baik. Kemudian, dapat memasarkan produknya ke market place yang sudah disediakan oleh UMKT.

Selama acara tersebut, produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM dan Bumdes Permata Desa Loa Duri Ulu adalah seperti elat sapi, krisela, kain tenun, sayuran, keripik, obat-obatan tradisional, berbagai macam kue, baju motif khas Kutai.

Berita terkait