Deskripsi Kerja
Aktifijat Lembaga Jaminan Mutu
| Tugas Ketua LJM
- Menerapkan Sistem Penjaminan Mutu secara berkesinambungan, konsisten, efisien, dan akuntabel.
- Menyusun dan memberikan rekomendasi kepada Pimpinan UMKT tentang penjaminan dan peningkatan mutu dalam aspek:
- Melakukan pengembangan dan implementasi sistem penjaminan mutu UMKT.
- Mengembangkan, mengkoordinasi, memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan SPMI dan melaporkannya secara berkala kepada pimpinan UMKT.
- Melakukan analisa data untuk keperluan pengambilan keputusan pimpinan UMKT.
- Melakukan perencanaan dan pelaksanaan pelatihan SPM
- Melakukan pembinaan civitas academica UMKT menyangkut kesiapan dan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu di Unit Kerja masing-masing.
- Memantau Pelaksanaan Audit Mutu Akademik Internal, di lingkungan Unit Kerja Pelaksana Akademik terkait, secara periodik dan terprogram.
- Melaporkan secara periodik pelaksanaan tugas kepada Pimpinan UMKT setiap satu tahun sekali.
| Tugas Sekretaris LJM
- Membantu Ketua dalam pembuatan program kerja unit jaminan mutu di level
- Mengelola data dan informasi yang relevan dengan peningkatan mutu UMKT
- Melakukan pemeriksaan dan telaah laporan evaluasi diri UMKT tiap akhir tahun akademik.
- Mengkoordinasikan pelaksanaan system penjaminan mutu di level
- Melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen guna evaluasi dan tindak lanjut dari hasil audit mutu internal.
- Melaksanakan koordinasi dengan Ketua dalam pengembangan sistem penjaminan mutu UMKT secara
- Melaporkan pelaksanaan penjaminan mutu dan audit mutu kepada Ketua LJM.
- Melaksanakan kebijakan maupun pencapaian sasaran mutu LJM melalui rapat rutin guna mengukur ketepatan kebijakan dan sasaran.
- Mensosialisasikan kebijakan dan sasaran mutu di seluruh elemen LJM untuk meningkatkan kesadaran, motivasi, dan keterlibatan civitas akademika.
- Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan dokumentasi hasil rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan.
- Menyusun konsep laporan kegiatan setiap semester.
- Bertanggung jawab kepada Ketua LJM.
| Tugas Ketua Divisi Audit Mutu Internal
- Berkoordinasi dengan sekretaris LJM untuk mengkoordinir akreditasi institusi maupun program studi.
- Melakukan pemeriksaan, validasi isi dokumen, dan pendampingan akreditasi untuk keperluan eksternal (borang).
- Melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan sistem penjaminan mutu
- Melaksanakan Audit Mutu Akademik Internal, di lingkungan Unit Kerja Pelaksana Akademik terkait, secara periodik dan terprogram setiap 6 bulan sekali.
- Membuat laporan hasil audit mutu internal.
- Berkoordinasi dengan Gugus Jaminan Mutu Fakultas dan Unit Jaminan Mutu Program Studi untuk melakukan evaluasi dan monitoring terhadap pelaksanaan sistem penjaminan mutu
- Koordinasi dengan auditor mutu internal
- Membuat program pelatihan auditor dan persamaan persepsi auditor
| Tugas Ketua Divisi Dokumen dan Data
- Membuat dan mengembangkan perangkat (dokumen) yang diperlukan dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu di tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan dan Program Studi, yang meliputi: Kebijakan Mutu, Standar Mutu, Manual Mutu dan Formulir Mutu.
- Memastikan bahwa standar telah dijalankan dengan sebagaimana mestinya.
- Melakukan update dokumen temasuk penambahan, pengurangan, dan revisi dokumen mutu SPMI.
- Mengkoordinasikan pelaksanaan Rencana Pengembangan Program Studi (RPPS)
- Membuat konsep dan mengembangkan desain sistem penjaminan mutu.
| Tugas Ketua Divisi Pengembangan Pembelajaran
- Mengkoordinir penyusunan, pengembangan, dan peninjauan kurikulum di lingkup Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
- Menyusun dan mengembangkan metode pembelajaran yang berkualitas
- Membuat pelatihan dan inovasi terkait pengembangan pembelajaran
- Menganalisis dan membuat tindak lanjut terhadap hasil Evaluasi Dosen dan Mashasiswa (EDOM)
| Tugas Unit Penjaminan Mutu Program Studi
- Melakukan monitoring di level program studi pada awal, tengah, dan akhir semester
- Mengumpulkan dokumen kinerja program studi setiap tahun
- Menyusun dokumen SPMI terkait penjaminan mutu di level prodi
- Membuat laporan Evaluasi Diri terkait kinerja program studi
- Bertanggungjawab terhadap penyusunan bukti fisik dokumen borang untuk akreditasi program studi.
| Tugas Gugus Jaminan Mutu Fakultas
- Mengkoordinir sistem penjaminan mutu di level fakultas.
- Bertanggungjawab terhadap penyusunan bukti fisik dokumen borang untuk akreditasi fakultas.
- Menyusun dokumen kinerja fakultas
- Menyusun dokumen SPMI Fakultas
- Membuat laporan evaluasi diri terkait kinerja fakultas